Kebijakan
Kebijakan Nasional tentang VMTS UPPS/PS | 1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 41 ayat 3 (c) yang berisi ketentuan bahwa untuk menjaga dan meningkatkan mutu pengelolaan Program Studi dalam melaksanakan program Pembelajaran secara berkelanjutan dengan sasaran yang sesuai dengan visi dan misi Perguruan Tinggi. |
Kebijakan PT (Rektor/Dekan) tentang Visi dan Tujuan PS | 2. Peraturan Rektor Universitas Tadulako Nomor 01 Tahun 2020 Tanggal 3 Januari 2020 tentang Visi (Pasal 1), Misi (Pasal 2), dan Tujuan Universitas Tadulako (Pasal 3). 3. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 7420/UN28/AK/2017 Tanggal 15 Desember 2017 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Tadulako mengenai Standar Visi, Misi, dan Tujuan. 4. Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 5996/UN28/KP/2020 Tanggal 8 September 2020 tentang Penetapan Visi, Misi, dan Tujuan FKIP Universitas Tadulako 2020-2045. 5. Keputusan Dekan FKIP Universitas Tadulako Nomor 1140/UN28.1.2/KL/2018 Tanggal 25 Mei 2018 tentang Penetapan Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FKIP Universitas Tadulako mengenai Standar Visi dan Misi. |
Visi PSMPM
Menjadi pusat pengembangan pendidikan matematika yang konstruktivis, kontekstual, adaptif
Tujuan PSMPM
- Menghasilkan guru matematika yang kritis, kreatif,
kolaboratif, adaptif dan inovatif - Menghasilkan peneliti yang handal di bidang pendidikan matematika yang memiliki karakteristik:
- a. Mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensinya di bidang pedagogik dan pendidikan matematika dalam menjalankan tugas profesinya.
- b. Terbuka dan responsif terhadap inovasi pembelajaran, digitalisasi, pembelajar sepanjang hayat dan mampu mengembangkan diri melalui Pendidikan formal maupun informal, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan pelatihan professional pada lingkup nasional dan internasional.
- c. Kritis, kreatif, kolaboratif, adaptif dan inovatif dalam melaksanakan profesinya serta menjunjung tinggi nilai-nilai yang ada dalam masyarakat.
Strategi Pencapaian Tujuan PSMPM
- Menghasilkan guru matematika yang kritis, kreatif, kolaboratif, adaptif dan inovatif
Strategi | I |
Menggunakan pendekatan case method dan team-based project dalam pembelajaran Melaksanakan pembelajaran interaktif |
2. Menghasilkan peneliti yang handal di bidang pendidikan matematika yang memiliki karakteristik:
- a. Mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensinya di bidang pedagogik dan pendidikan matematika dalam menjalankan tugas profesinya.
- b. Terbuka dan responsif terhadap inovasi pembelajaran, digitalisasi, pembelajar sepanjang hayat dan mampu mengembangkan diri melalui Pendidikan formal maupun informal, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan pelatihan professional pada lingkup nasional dan internasional.
- c. Kritis, kreatif, kolaboratif, adaptif dan inovatif dalam melaksanakan profesinya serta menjunjung tinggi nilai-nilai yang ada dalam masyarakat.
Strategi | |
1. Melakukan kolaborasi riset antara mahasiswa dan dosen 2. Mewajibkan mahasiswa mempublikasikan karya tulis ilmiah hasil penelitian terkini pada jurnal terakreditasi nasional maupun internasional |